Seri Keputrian : Perempuan dan kecantikan.

Tulisan berikut disarikan dari buku seri keakhwatan 1 karya Ust Cahyadi Takariawan dkk sebagai bahan diskusi pada kegiatan Keputrian untuk tim BDI Putri SMA Negri 1 Turen Tahun Ajaran 2023/2024.

Semua perempuan memang mendambakan kecantikan. Karena mereka yang cantik bakal mendapatkan banyak priviledge dalam hidup.Mulai mudahnya akses pekerjaan, sampai urusan jodoh. maka, maka wajar jika kaum perempuan melakukan banyak upaya agar terlihat cantik, glowing dan tampak segar.

peluang ini dimanfaatkan oleh perusahaan kosmetik untuk menjual berbagai macam skincare dan produk perawatan diri yang ada. Konsultasi ke dokter kulit atau bahkan beberapa orang sampai berani melakukan operasi plastik agar tampil sempurna.

tapi teman teman sejak jaman dulu, standart kecantikan perempuan selalu berubah sesuai dengan jaman nya. Pernahkah teman teman membayangkan bagaimana kecantikan seorang Ken Dedes dari Kerajaan Singosari? apakah sama dengan kecantikan perempuan perempuan sekarang yang dandanannya harus putih, glowing dan berkilau mempesona? Jelas berbeda, kecantikan Ken dedes adalah gambaran keanggunan wanita jawa pada masanya.

Kecantikan juga cerminan bagi perempuan bagaimana dia mrnjaga diri dan menghargai karunia Allah SWT.

beberapa hal yang perlu diperhatikan perempuan ketika berdandan :
1. perhatikan berat badan ideal dengan makan makanan yabg sehat dan pola hidup teratur. olahraga teratur. akan membuat tubuh menjadi sintal dan segar bugar.
2. perhatikan kesehatan kulit, terutama kulit wajah. wajah adalah jendela tubuh. melalui wajah dapat terlihat seseorang itu rajin merawat diri atau tidak. lakukan rutinitas membersihkan wajah, facial ataumemakai masker wajah.
3. perhatikan bagian bagian kecil dari tubuh kita. seperti kebersihan dan kerapian kuku, kebersihan telinga dan hidung, serta kaki
4. perhatikan bau aroma tubuh. jangan sampai bau tak sedap mengganggu penampilan dan pergaulan. beri perawatan khusus untuk sentra bau seperti ketiak, mulut dan kaki
5. teman teman boleh menambahkan hal hal lain untuk perawatan kecantikan agar sehat dab awet muda, selama memakai cara cara yang memenuhi aturan syari'at.

hal hal yang perlu diperhatikan dalam menjaga kesehatan tubuh :
1. tidur teratur yabg efektif
2. makan dengan gizi seimbang
3. olahraga
4. melakukan general check up jika diperlukan.
5. mengobati penyakit
a. dari gangguan kulit seperti jerawat atau infeksi jamur.
b. anemia atau kurang darah
c. keputihan
d. kanker payudara
e. kanker rahim
4. menjauhi sifat berlebihan dan sia sia
5. menjaga kebersihan :
meliputi :
a.menjaga kebersihan kulit
b. mandi
c. aroma tubuh
d. keramas
e. mulut

Sekian.
Terima kasih.

Komentar

Paling dicari

Sejarah : Kisah Nabi Muhammad SAW

Dunia Berkualitas kita